Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Tahukah Anda Fadhilah-fadhilah dari Surah Al Mulk?

Tahukah Anda Fadhilah-fadhilah dari Surah Al Mulk?

Pengertian Surah Al Mulk

Surah Al Mulk adalah surat yang ke-67 dalam al-qur’an yang terdiri atas 30 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan sesudah surat At-Thur. Nama “Al-Mulk” diambil dari kata “Al-Mulk” yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Surat ini juga disebut At-Tabarrak yang artinya Maha Suci.

Pokok-pokok Isinya

Hidup dan mati merupakan ujian bagi manusia, Allah menciptakan langit berlapis-lapis dan semua ciptaan-Nya mempunyai keseimbangan, perintah Allah untuk memperhatikan isi alam semesta, azab yang diancamkan kepada orang-orang kafir, dan janji Allah kepada orang-orang mukmin, Allah menjadikan bumi sedemikian rupa hingga mudah bagi manusia untuk mencari rezeki, peringatan Allah kepada manusia tentang sedikitnya mereka yang bersyukur terhadap nikmat Allah.

Fadhilah Surah Al Mulk

Di antara fadhilah-fadhillah Surah Al Mulk adalah sebagai berikut:

  1.     Orang yang membiasakan membacanya akan mendapat syafaat dan diampuni dosanya. Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنَّ سُوْرَةً فِيْ القُرْآنِ ثَلَاثُوْنَ أَيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِيَ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ المـُلْكُ (رواه أبو داود)

Artinya: Bahwasanya suatu surat di dalam al-qur’an mempunyai tiga puluh ayat yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni Allah dosa orang itu, yaitu : Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk (Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan). HR. Abu Daud

  1.     Nabi sangat senang jika surat ini berada dalam hati setiap orang-orang mukmin. Nabi Muhammad SAW bersabda:

وَدِدْتُ أَنَّهَا فِيْ قَلْبِ كُلِّ مُؤْمِنٍ يَعْنِيْ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ المـُلْكُ

Artinya: Saya gemari, supaya surat itu (Tabarakal-lazi biyadihil-mulk) terdapat dalam hati setiap orang mukmin. (HR. Al-Hakim)

Install Takwa App

Baca Juga: Kenapa Harus Membaca Surat Yasin?

 

  1.     Jika dibaca setiap malam dapat menyelamatkan dari siksa kubur. Dari Ibnu Mas’ud ra. Dari Nabi Muhammad SAW  bahwa beliau bersabda:

مَنْ قَرَأَ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ المـُلْكُ كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللهُ تَعَالَى بِهَا مِنْ عَذَابِ القَبْرِ. أخرجه النسائي

Artinya: Barang siapa membaca Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk setiap malam, maka Allah SWT akan menyelamatkan dari siksa kubur. (HR. An-Nasa’i)

Dan dari Ibnu Abbas ra. Dari Nabi Muhammad SAW. bahwasanya beliau bersabda:

 

هِيَ المـُنْجِيَةُ تُنْجِيْ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Artinya: surat Tabarak disebut Almunjiyah yaitu surat yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur. (HR. At-Tirmidzi)

  1.     Jika dibaca menjelang tidur, maka Allah menetapkan 30 kebaikan, diampuni 30 kejelekannya, ditinggikan 30 derajat, mendapat naungan malaikat, dan menolak siksa kubur dan mahsyar.

إِنِّي لَا أَجِدُ فِي كِتَابِ اللهِ سُوْرَةً وَهِيَ ثَلَاثُوْنَ أَيَةً مَنْ قَرَأَهَا عِنْدَ نَوْمِهِ كُتِبَ لَهُ ثَلَاثُوْنَ حَسَنَةً وَمُحِيَ عَنْهُ ثَلَاثُوْنَ سَيِّئَةً وَرُفِعَ لَهُ ثَلَاثُوْنَ دَرَجَةً وَبَعَثَ اللهُ إِلَيْهِ مَلَكًا مِنَ المـَلَائِكَةِ لِيَبْسُطَ عَلَيْهِ جَنَاحَهُ وَيَحْفَظَهُ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ وَهِيَ المـُجَادَلَةُ تُجَادِلُ عَنْ صَاحِبِهَا فِيْ القَبْرِ وَالمـَحْشَرِ وَهِيَ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ المـُلْكُ

 

Artinya: Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam Kitab Allah suatu surat yang terdiri tiga puluh ayat. Barang  siapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan tiga puluh kebaikan baginya, dan dihapuskan tiga puluh kejelekan, ditingkatkan baginya tiga puluh derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surat itu dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk. (HR. Ad-Dailami)

  1.     Dapat memberikan syafaat pada hari kiamat, mengeluarkan pembacanya dari neraka dan dimasukkan ke surga.

Berdasarkan dari hadits dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ سُوْرَةً مِنْ كِتَابِ اللهِ مَا هِيَ إِلاَّ ثَلاَثُوْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ يَوْمَ القِيَامَةِ فَأَخْرَجَتْهُ مِنَ النَّارِ وَأَدْخَلَتْهُ الجَنَّةَ وَهِيَ سُوْرَةُ تَبَارَكَ.

 

Artinya: bahwasanya satu surat dari Kitab Allah yang isinya tiga puluh ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga. Yaitu surat “Tabarak”.

Demikianlah pentingnya fadhilah Surah Al Mulk, semoga kita selalu istiqomah dalam mengamalkannya sehingga mendapatkan pahala dari Allah SWT. Aamiiin

_

Penulis:
Yanuar Huda Assa’banna,
Alumni Fakultas Syari’ah di UNIDA GONTOR

Editor:
Azman Hamdika Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *