Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Keutamaan Bacaan Surat Al Kahfi

Keutamaan Bacaan Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi Adalah salah satu surat dalam al-qur’an yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamlkannya. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca surat al-Kahfi disetiap hari Jum’at atau malam Jum’at. Betapa banyak orang lalai dari amalan surat al-Kahfi ini ketika malam jum’at atau hari jum’at atau mungkin sebagian orang belum mengetahui amalan ini.

Untuk itu mari kita pelajari dan pahami bersama beberapa faedah yang terkandung dalm surat al Kahfi dan beberapa keutamaan jika kita membacanya. Adapun faedah yang terkandung dalam surat al-Kahfi adalah

  1.     Surat ini diawali dengan menetapkan segala pujian bagi Allah dan dalam Alqur’an terdapat lima surat yang diawali dengan bacaan hamdalah yaitu al-Fatihah, al-An’am, al-Kahfi, Saba’, dan Fathir. Kita senantiasa diperintahkan untuk memuji Allah dalam setiap keadaan, sekalipun kita sedang mendapatkan ujian ataupun musibah.
  2.     Ditegaskan diawal surat al-Kahfi bahwasanya Al-qur’an adalah sumber ilmu yang lurus tak sedikitpun yang bengkok. Dan Allah SWT berfirman dalam surat al-Kahfi ayat 1-2 yang artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepada Hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok sebagai bimbingan yang lurus untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberi kabar gembira kepada orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal sholeh bahwa mereka akan mendapatkan balasan yang baik.
  3.     Kenikmatan dunia hanyalah hiasan untuk menguji manusia, Allah SWT berfirman yang artinya: Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada dibumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah diantara mereka yang baik perbuatannya.(Q.S. Al-Kahfi:7)
  4.     Seorang Da’i yang ikhlas bisa saja mendapatkan tekanan bathin karena beban berat dalam dakwah. Tidak terkecuali, hal ini juga dialami oleh manusia terbaik yaitu Rasululla SAW. Allah SWT berfirman yang artinya: Barangkali Engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur’an). (Q.S. Al-Kahfi:6)
  5.     Manusia harus berusaha menyelamatkan agama dan aqidahnya, sekalipun dia harus terusir dari negerinya. Bahkan sekalipun dia harus tinggal di gua dengan segal keterbatasannya. Allah SWT berfirman yang artinya: apakah engkau mengira bahwa orang orang yang mendiami gua dan yang mempuyai raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menajubkan? Dan ingatlah ketika pemuda-pemuda itu berlindung kedalam gua lalu mereka berdo’a “ Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami. (Q.S. Al-Kahfi:9-10)
  6.     Allah akan memberi tambahan dan kekuatan hidayah bagi orang-orang yang berkomitmen dengan kebenaran dan berani menampakkannya. Allah SWT berfirman yang artinya dan Kami teguhkan hati mereka ketika mereka berdiri lalu mereka berkata” Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi, kami tidak menyeru tuhan selain Dia. Sungguh kalau kami berbuat demikian, tentu kami telah mengucapkan perkataan yang sangat jauh dari kebenaran. (Q.S. Al-Kahfi:14)
  7.     Meninggalkan kemaksiatan belum dinilai sempurna hingga seseorang meninggalkan pelaku kemaksiatan. Allah SWT berfirman yang artinya: dan Apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung kedalam gua itu,….. (Q.S. Al-Kahfi:16)
  8.     Barang siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah maka Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. Ashabul kahfi meninggalkan kehangatan kampung halamannya dan keluarganya kemudian Allah menggantinya dengan kehangatan hidayah dan rahmat-Nya. Allah SWT berfirman yang artinya: dan Apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung kedalam gua itu, niscaya Tuhanmu akan melimpahkan rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusanmu. (Q.S. Al-Kahfi:16)
  9.     Allah akan menjaga hamba-Nya yang sholeh, meskipun mereka telah tiada. Ashabul kahfi dijaga oleh Allah, sekalipun mereka tertidur sehingga tidak ada satupun yang berani mengganggu bahkan membangunkan dari tidur mereka. Allah SWT berfirman yang artinya: dan engkau mengira mereka itu tidak tidur, padahal mereka tidur, dan Kami bolak-balikkan mereka kekanan dan kekiri, sedangg anking mereka membentangkan kedua lengannya didepan pintu gua, dan jika kamu menyaksikan mereka tentu kamu akan berpaling melarikan diri dari mereka dan pasti kamu akan dipenuhi rasa takut terhadap mereka. (Q.S. Al-Kahfi:18)
  10. Tawakkal yang sejati adalah pasrah kepada Allah setelah berusaha mengambil sebab. Ashabul Kahfi membawa uang untuk bekal mereka ketika mereka pergi meninggalkan kampungnya. Allah SWT berfriman yang artinya: salah seorang dari Ashabul Kahfi berkata: Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lama kamu berada disini. Maka suruhlah salah seorang diantara kamu untuk pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu utukmu.(Q.S. Al-Kahfi:19)

Adapun keutamaan membaca surat Al-Kahfi adalah sebagai berikut:

  1.     Dijaga/ dilindungi dari Dajjal bagi yang hafal 10 ayat pertama.

عن أبي الدرداء أن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: من حفظ عشر آيات من أول سورة الكهف عصم من الدجال. رواه مسلم وأبو الدرداء والنسائي والترمذي

Dari abu Darda’, bahwsanya Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama maka ia akan dijaga/dilindungi dari Dajjal. (H.R. Muslim, Abu Darda’, Nasa’i, dan Tirmidzi)

  1.     Dijaga/ dilindungi dari fitnah Dajjal bagi yang membaca 10 ayat terakhir.

عن أبي الدرداء أن النبي صلى الله عليه وسلّم أنّه قال من قرأ عشر آيات من آخر الكهف عصم من فتنة الدجال. رواه أحمد

Dari Abu Darda’ dari Nabi SAW bersabda: Barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia akan dilindungi dari fitnah Dajjal. (H.R. Ahmad)

Install Takwa App
  1.     Diberikan cahaya bagi yang membacanya di hari Jum’at.

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عَنْهُ أنّ النبي صلى الله عليه وسلّم قال: إن من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور مابين الجمعتين. رواه الحاكم

Dari Abu Said Alkhudri r.a bahwasanya Nabi SAW bersabda: Sungguh siapa membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jum’at. (H.R. Al-Hakim)

         Demikianlah penjelasan mengenai kandungan dalam surat Al-Kahfi dan beberapa keistimewaannya, semoga kita termasuk golongan yang selalu mengamalkan amalan ini sehingga kita termasuk orang yang dilindungi dari Dajjal dan juga mendapatkan cahaya yang terang dari Allah SWT. Aamiin.

Baca juga: Do’a Qunut, Hukumnya dalam Sholat Shubuh dan Pengertiannya

 

_

Penulis:
Yanuar Huda Assa’banna,
Alumni Fakultas Syari’ah di UNIDA GONTOR

Editor:
Azman Hamdika Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *