Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Kenapa Harus Membaca Surat Yasin?

Kenapa Harus Membaca Surat Yasin?

Surah yasin merupakan salah satu surah yang digemari dan banyak dihafal umat muslim, sebagaimana surah Al Kahfi, Al Mulk dan lainnya. Banyaknya orang yang menghafal surah ini dikarenakan makna yang dibawa surah ini yang amat dalam dan banyaknya manfaat yang didapat dari membaca surah ini.

Makna Surat Yasin

Surah Yasin adalah surah Makkiyah atau surah yang diturunkan sebelum periode hijrah, diturunkan setelah surah Al-Jin.  Sementara dalam mushaf surah ini berawal di akhir juz 22 dan berakhir di awal juz 23. Kalimat yaasin  ( يس)  sendiri memiliki beberapa penafsiran, diantaranya sebagai berikut :

  1.       Panggilan yang bermakna : wahai manusia! Dalam Bahasa kabilah Tayy
  2.       Salah satu nama nabi Muhammad, dengan dalil, ayat ketiga yang berbunyi (إنك لمن المرسلين ( yang menunjukan adanya lawan bicara.
  3.       Hanya Allah yang tau maknanya. Pendapat ini banyak diambil oleh para ulama seperti Jalaluddin Al Mahalli dalam tafsir Jalalain.

Nama Lain Surat Ini dan Beberapa Manfaatnya :

Surah Yasin juga memiliki nama lain, diantaranya yang disebutkan As Sayyid Thanthawi dalam At Tafsir Al Wasith :

  1.       Al Muammimah : karena surah ini memberikan kebaikan dunia dan akhirat kepada pembacanya.
  2.       Al Mudafi’ah : karena surah ini menjaga pembacanya dari segala keburukan.
  3.       Al Qadhiyah : karena surah ini menunaikan hajat pembacanya.

Dari 3 nama ini setidaknya kita sudah mendapatkan 3 manfaat dari membaca surah Yasin : memberikan kebaikan dunia akhirat, menjaga dari segala keburukan dan menunaikan hajat.

Selain 3 manfaat ini, surah yasin juga memiliki banyak manfaat, baik yang disebutkan Rasulullah,sahabat dan para ulama, diantaranya :

  1.       Membacanya akan memberikan kita ampunan atas dosa-dosa. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam Mu’jam Soghir karya Imam Thobroni:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ يس فِى يَوْمٍ أَوْ لَيْلَةٍ ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ غُفِرَ لَهُ

Rasulullah SAW bersabda : barang siapa yang membaca surah Yasin pada siang atau malam hari diniatkan karena Allah, niscaya dosa-dosanya akan diampuni.

Install Takwa App
  1.       Membacanya akan meringankan beban sakaratul maut , sebagaimana yang diriwayatkan Imam Ahmad.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا أَبُو الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ حَدَّثَنِى الْمَشْيَخَةُ أَنَّهُمْ حَضَرُوا غُضَيْفَ بْنَ الْحَارِثِ الثُّمَالِىَّ حِينَ اشْتَدَّ سَوْقُهُ فَقَالَ هَلْ مِنْكُمْ أَحَدٌ يَقْرَأُ يس قَالَ فَقَرَأَهَا صَالِحُ بْنُ شُرَيْحٍ السَّكُونِىُّ فَلَمَّا بَلَغَ أَرْبَعِينَ مِنْهَا قُبِضَ قَالَ وَكَانَ الْمَشْيَخَةُ يَقُولُونَ إِذَا قُرِئَتْ عِنْدَ الْمَيِّتِ خُفِّفَ عَنْهُ بِهَا.

 

Diceritakan oleh Shofwan bahwasanya seorang sahabat/tabi’in (ulama berbeda pendapat apakah ia sahabat/tabiin) yang bernama : Ghudhoif bin Al Harits sedang dalam keadaan sakaratul maut, lalu dibacakan surah Yasin oleh Sholih bin Syuraih dan Ketika sampai ayat 40, ia wafat. Ia (Shofwan) berkata : “Guru-guru kami mengatakan bahwa surah Yasin akan meringankan Sakaratul maut”.

  1.       Membacanya pada pagi hari akan memberikan kemudahan sepanjang hari dan membacanya pada sore hari, akan memberi kemudahan hingga pagi hari, sebagaimana diriwayatkan Imam Darimi:

 قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ مَنْ قَرَأَ يس حِينَ يُصْبِحُ أُعْطِىَ يُسْرَ يَوْمِهِ حَتَّى يُمْسِىَ وَمَنْ قَرَأَهَا فِى صَدْرِ لَيْلَةٍ أُعْطِىَ يُسْرَ لَيْلَتِهِ حَتَّى يُصْبِحَ

Dari Ibnu Abbas RA : “Barang siapa yang membaca Yasin Ketika pagi hari, ia akan diberikan kemudahan sepanjang hari dan barang siapa yang membacanya pada sore hari, akan diberikan kemudahan sampai pagi hari”.

Kapan membaca Surah Yasin?

Membaca Al Quran merupakan sunnah yang pahalanya sangat besar, 1 huruf  yang kita baca akan mendapatkan 1 kebaikan dan satu kebaikan akan dikalikan sepuluh. Melihat pahala yang besar ini, rasanya tidak cukup kita mengkhsuskan membaca Al Quran pada waktu tertentu saja. Walau begitu, bukan artinya kita tidak boleh membaca suatu surah pada suatu waktu, karena Al Quran bagaikan obat yang memiliki waktu terbaik untuk diminum, maka Al Quran yang merupakan obat hati juga memiliki waktu terbaik untuk dibaca, begitu pun surat Yasin, ia memiliki waktu terbaik untuk dibaca, diantaranya : malam jum’at, di sepertiga akhir malam, ketika sakaratul maut dan ada yang meninggal.

Banyaknya manfaat dari membaca Yasin, rasanya sangat memotivasi kita untuk mewiridkan bacaan surat yasin, tapi ada satu manfaat yang paling besar, yaitu mengantarkan kita pada ridho Allah dan cukuplah manfaat terbesar ini sebagai motivasi kita. Wallahu a’lam bisshowab.

 

_

Penulis:
Fikri Hakim,
Alumni Fakultas Ushuluddin Program Studi Tafsir, Al-Azhar – Kairo.

Editor:
Azman Hamdika Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *