Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Jadwal Sholat

Sholat merupakan ibadah terpenting dan selalu menemani umat muslim dalam kesehariannya, 5 kali sehari setidaknya seorang muslim bersujud mengakui keagungan tuhannya dan kelemahan dirinya sambil berkata : “Subhaana rabbiyal a’la wa bihamdih”. Sholat yang merupakan ibadah terpenting bagi umat muslim memiliki syarat wajib dan syarat sah sholat yang harus dijalankan, salah satunya adalah mengerjakan sholat pada waktu yang ditetapkan, sebagaimana firman Allah:

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

“Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”.

[ QS. An Nisa’ (4) : 103]

Di zaman serba digital ini sangat mudah untuk menentukan jadwal waktu sholat, karena semua tersedia di berbagai platform digital yang sangat bervariasi. Dengan segala kemajuan teknologi yang ada, kita dapat mengetahui waktu sholat dimanapun dan kapan pun. Selain itu, banyaknya masjid yang menyebar juga membantu dalam mengetahui waktu sholat dengan adzan.

Semua kemudahan yang kita dapatkan adalah nikmat yang wajib disyukuri, tapi ada kalanya kemudahan-kemudahan ini tidak dapat kita peroleh, entah karena handphone rusak, low batt, atau error.

Terkadang kita berada di tempat yang tidak ada masjid yang menyulitkan kita untuk mengetahui jadwal sholat. Berbagai problem ini menjadi tuntutan untuk mengetahui cara perhitungan waktu sholat secara manual.

Dalam menentukan waktu sholat, ulama menjadikan hadits no 14.762 dalam Musnad Imam Ahmad sebagai dalil utama, yang ringkasannya sebagai berikut:

  • Dzuhur:Ketika matahari tergelincir, yaitu sesaat setelah matahari sampai titik kulminasi (puncak) dalam peredaran harinya.
  • Ashar:Ketika bayangan memiliki panjang yang sama dengan asalnya.
  • Maghrib:Saat matahari terbenam sepenuhnya.
  • Isya:setelah hilangnya sinar merah di langit.
  • Subuh:Setelah terbitnya fajar kedua (fajar shodiq).

Mengetahui waktu sholat secara manual akan membantu ketika seorang muslim berada di tempat yang tidak ada penanda waktu sholat selain matahari.

https://jadwalsholat.takwa.id/