Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Inilah 5 Keutamaan Sholawat!

Inilah 5 Keutamaan Sholawat!

Sholawat merupakan salah satu jenis ibadah yang paling agung di sisi Allah SWT. Maka bagi kita sebagai muslim, amat penting untuk memahami keutamaan sholawat

Dalam QS Al Ahzab 56, Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” Dengan demikian dengan mengucapkan sholawat untuk nabi SAW, umat Islam telah memenuhi salah satu perintah Allah SWT.

Tentu para ulama telah membahas banyak sekali keutamaan sholawat, namun pada kesempatan kali ini penulis akan menyebutkan 5 keutamaan sholawat yang amat sayang untuk kita tinggalkan

5 keutamaan sholawat untuk umat muslim

1.       Balasan kebaikan 10 kali lipat, ditingkatkan 10 derajat, ditambah 10 kebaikan dan dihapus 10 kesalahan

Umat nabi Muhammad SAW dikaruniai sebuah keutamaan, yaitu amalan yang sedikit namun balasan berkali lipat. Salah satunya adalah balasan untuk bershalawat.

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِنْ أُمَّتِي صَلَاةً مُخْلِصًا مِنْ قَلْبِهِ؛ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرَ صَلَوَاتٍ  وَرَفَعَهُ بِهَا عَشْرَ دَرَجَاتٍ، وَكَتَبَ لَهُ بِهَا عَشْرَ حَسَنَاتٍ، وَمَحَا عَنْهُ عَشْرَ سَيِّئَاتٍ

Install Takwa App

“Barang siapa dari umat ku, bershalwat dengan ikhlas dari hatinya, Allah akan bershalawat untuknya 10 kali lipat, dan diangkat 10 derajatnya, dituliskan baginya 10 kebaikan dan dihapus 10 kesalahan.” Abu Isa At Tirmidzi meriwayatkan dari Sufyan Ats Tsaury dan para ahlul ilm lainnya, sholawat Allah berarti: kasih sayang, dan shalawat malaikat berarti: istighfar. Sementara sholawat kaum mukminin berarti doa.

Hakikatnya, shalawat kepada nabi Muhammad SAW adalah bentuk penghargaan dan terima kasih dari hamba untuk nabi SAW dengan segala pengorbanannya. Allah SWT hendak mengajarkan kepada hamba-Nya untuk tetap bersambung ikatannya dengan nabi Muhammad SAW.

2.       Menjadi hamba yang paling utama di hari kiamat  

إنَّ أولى النَّاسِ بي يَومَ القيامةِ أَكْثرُهُم عليَّ صلاةً

“Sesungguhnya manusia yang paling utama kepada ku adalah yang paling banyak mengucap shalawat pada ku.” (HR Ibnu Hibban). Hari kiamat adalah sebuah hari di mana seseorang akan merasa paling sendiri dan hari di mana anak, keluarga dan harta tidak lagi berguna. Maka barang siapa yang hendak mendekat dengan Rasulullah SAW di hari itu maka perbanyak lah bershalawat.

3.       Perantara diijabahnya doa dengan sholawat

بَينا رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ قاعدٌ إذ دخلَ رجلٌ فصلَّى فقالَ : اللَّهمَّ اغفِر لي وارحَمني ، فقالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ : عَجِلتَ أيُّها المصلِّي ، إذا صلَّيتَ فقعَدتَ فاحْمَدِ اللَّهَ بما هوَ أَهْلُهُ ، وصلِّ عليَّ ثمَّ ادعُهُ . قالَ : ثمَّ صلَّى رجلٌ آخرُ بعدَ ذلِكَ فحمِدَ اللَّهَ وصلَّى على النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ النَّبيُّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ : أيُّها المصلِّي ادعُ تُجَبْ

“Saat kami bersama Rasulullah SAW yang sedang duduk, masuk seorang lelaki, kemudian sholat, maka (setelahnya) ia berkata, ‘Ya Allah ampunilah aku dan kasihilah aku’ kemudian Rasulullah SAW berkata, ‘kau terbururu-buru wahai yang sedang sholat’, apabila selesai sholat, maka duduk lah, terus pujilah Allah sebagaimana Dia layak dipuji, dan bersholawat lah kepada ku, kemudia berdoalah pada-Nya. kemudian seseorang sholat, kemudian memuji Allah dan bersholawat atas nabi SAW, kemudian nabi SAW berkata: “wahai yang sedang sholat, berdoalah, niscara kau kan diijabah.” (HR Tirmidzi).

Melalui hadits ini Rasulullah mengajarkan umatnya bagaimana tata cara berdoa agar dapat langsung dijawab oleh Allah SWT. Selain itu Rasul juga menjelaskan bahwa di antara adab berdoa adalah memulai dengan sholawat untuk nabi SAW.

4.       Tanda kedermawanan

البخيلُ الذي من ذُكِرْتُ عندَه فلم يُصَلِّ عليّ
“Pelit itu orang yang disebut nama ku di dekatnya kemudian ia tidak bershalawat kepada ku”

Dengan ini Rasulullah menyatakan bahwa orang yang bershalawalat kepadanya adalah orang dermawan. Dari hadits ini juga dapat kita lihat, bahwa kedermawanan tidak harus diartikan dengan harta dan kekayaan, bahkan sebuah untaian shalawat yang kita baca untuk Rasulullah adalah salah satu tanda kekayaan seorang hamba.

5.       Dihindarkan dari kesialan, malapetaka, dan keburukan

صعِد النَّبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم المنبرَ ، فقال : آمين ، آمين ، آمين ، فلمَّا نزل سُئل عن ذلك ، فقال : أتاني جبريلُ ، فقال : رغِم أنفُ امرئٍ أدرك رمضانَ فلم يُغفرْ له ، قُلْ : آمين ، فقلتُ : آمين ، ورغِم أنفُ امرئٍ ذُكِرتَ عنده فلم يُصلِّ عليك ، قُلْ : آمين ، فقلتُ : آمين ، ورغِم أنفُ رجلٍ أدرك والدَيْه أو أحدَهما فلم يُغفرْ له ، قُلْ : آمين ، فقلتُ : آمين
“Nabi SAW menaiki mimbar kemudian berkata, ‘aamin, aamin , aamnin.’ Saat turun, beliau SAW ditanya tentang hal itu, beliau berkata: ‘telah datang kepada ku Jibril. Ia berkata ‘kesialan bagi seseorang yang sampai pada Ramadhan kemudian ia belum terampuni, aku berkata: amin, kesialan bagi seseorang yang disebutkan nama mu di dekatnya, lalu ia tidak bershalawat, aku berkata amin, kesialan bagi seseorang yang hidup bersama orang tuanya atau salah seorang dari keduanya, dan ia belum diampuni dosanya. Aku berkata, amin.”

 

Baca juga: Hari Perdamaian Dunia menurut Sudut Pandang Islam

Hadis yang diriwayatkan oleh Ath Thobrani ini semakin menekankan bahwa shalawat adalah sebuah ibadah yang agung. Dalam hadis ini bershalawat disandingkan dengan dua ibadah agung, puasa Ramadhan dan berbuat baik pada orang tua, akan tetapi ganjarang dan balasannya disamakan. Maka dari itu hendaklah kita memperbanyak membaca shalawat bagi baginda nabi SAW agar mendapatkan keutamaan-keutamaan sholawat di atas.
Wallahua’lam bishowab

_

Penulis:

Albi Tisnadi Ramadhan,

Sedang menempuh studi di Universitas Al Azhar, Kairo. Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab.

Editor:

Azman Hamdika Syafaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *