Download aplikasi Takwa di Google Play Store

Bagaimana Konsep Nuzulul Quran di Bulan Ramadhan?

Bagaimana Konsep Nuzulul Quran di Bulan Ramadhan?

Istilah Nuzulul Quran sudah banyak tersebar di kalangan umat muslim. Akan tetapi tidak sedikit yang masih belum memahami konsep sebenarnya dari peristiwa besar yang ada di bulan Ramadhan ini. Pasalnya, ayat pertama yang turun yaitu surat Al Alaq ayat 1-5 nyatanya turun pada bulan Rajab, lantas apa maksud dari surat Al Baqarah ayat 185? Ayat ini menerangkan bahwa Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan. Mari kita cari dalami.

Surat Al Baqarah ayat 185:

 شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ 

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Konsep Nuzulul Quran pada Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan istimewa karena banyak hal, salah satunya adalah karena Al Quran diturunkan pada bulan ini. Maksud dari kata “turun” ini adalah, turunnya Al Quran secara utuh ke langit bumi sebelum diturunkan ke nabi Muhammad Saw melalui malaikat Jibril secara berangsur-angsur. Catatan pembahasan tentang tahapan turunnya Al Quran akan dibahas di tulisan lainnya.

Selanjutnya, Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengutip sebuah hadis mursal Imam Ahmad dari Ibnu Abbas Ra, beliau menjelaskan bahwa di bulan ini lah Al Quran diturunkan ke langit bumi secara utuh sebelum diturunkan secara berangsur-angsur dari Jibril AS ke pada nabi Muhammad SAW. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa keistimewaan ini tidak terbatas pada Al Quran. kitab-kitab nabi lainnya juga diturunkan pada bulan ini.

Dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Said Mawla bani Hasyim, Rasulullah SAW bersabda: “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada awal malam bulan Ramadhan, dan Taurat diturunkan pada enam hari bulan Ramadhan, Injil pada hari ke 13 bulan Ramadhan, dan bulan Al Quran pada tanggal 24 bulan Ramadhan.”

Install Takwa App

Dalam riwayat lain disebutkan juga bahwa hari Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadhan, akan tetapi penulis tidak akan menyinggungnya lebih dalam. Hal yang perlu menjadi perhatian umat muslim adalah pemanfaatan momentum bulan diturunkannya Al Quran ini dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana tidak, Allah SWT telah menyifati malam ini sebagai malam yang diberkahi, inna anzalnaahu fii laylatin mubarakah. Inna kunna mundzirin. (QS Ad Dukhan: 3). Imam At Thabari mengatakan bahwa maksud dari malam yang diberkahi ini adalah malam laylatul qadr. Yaitu malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Baca juga: 5 Keutamaan Bulan Sya ban Sesuai Sunnah Nabi SAW

Maka bagi umat muslim untuk memperbanyak amalan kebaikan khususnya membaca dan mentadaburi Al Quran. Sebagaimana diketahui di antara keistimewaan bulan suci ramadhan adalah dilipagandakannya amalan, tidak terkecuali tilawah Al Quran. Sebagian masyarakat Indonesia bahkan mengisi hari ini dengan berbagai kegiatan positif dalam bentuk seminar, tabligh akbar ataupun ceramah untuk kembali mengenang peristiwa besar ini.

Wallahua’lam bishowab

_

 

Penulis:

Albi Tisnadi Ramadhan,

Sedang menempuh studi di Universitas Al Azhar, Kairo. Fakultas Studi Islam dan Bahasa Arab.

 

Editor:

Azman Hamdika Syafaat

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *