Download aplikasi Takwa di Google Play Store

5 Keutamaan Bulan Sya ban Sesuai Sunnah Nabi SAW

5 Keutamaan Bulan Sya ban Sesuai Sunnah Nabi SAW

Bulan sya ban merupakan bulan yang sangat diistimewakan oleh nabi Muhammad SAW, yang dimana bulan ke-8 dari nama-nama bulan di kalender hijriyah ini sangatlah diagungkan oleh beliau. Tidak heran ketika bulan ini datang ada banyak sekali amalan di bulan sya ban yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk diikuti oleh Umat muslim.

Tidak hanya itu saja, selain disunahkan untuk selalu mengikuti anjuran Rasulullah SAW dalam memaknai datangnya bulan sya ban, kita sebagai umat muslim juga diharuskan untuk mengetahui beberapa keutamaan pada bulan sya ban. Yang dimana beberapa keutamaan tersebut tentu akan bisa membawa kita ke kehidupan yang jauh lebih baik dengan adanya berkah dari Allah SWT.

Sahabat beriman yang dirahmati Allah SWT, lalu apa saja yang menjadi keutamaan pada bulan sya ban?

1.      Bulan Sya ban, diangkatnya amal sholeh

Hal ini dijelaskan oleh Usamah bin Zaid radhiyallahu anhu, ia berkata: aku bertanya kepada Rasulullah SAW, “wahai Rasulullah, aku tidak melihatmu berpuasa sunnah di bulan-bulan lainnya (sebanyak) engkau berpuasa di bulan sya ban, Dan beliau pun menjawab, “ya (bulan sya ban) merupakan bulan yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia, yaitu antara rajab dan ramadhan. Dan sya ban merupakan bulan diangkatnya amal perbuatan manusia kepada Allah SWT, dan aku ingin ketika amalku diangkat dan dilaporkan kepada Allah, aku dalam keadaan berpuasa”. (HR. An-Nasai)

2.      Pintu gerbang menuju bulan yang agung

Berada tepat ditengah-tengah anatara bulan rajab dan bulan ramadhan, membuat bulan yang satu ini benar-benar menjadi bulan yang penuh dengan keutamaan. Selain keutamaan diatas, keutamaan bulan sya’ban yang selanjutnya yaitu menjadi pintu gerbang menuju bulan yang agung, yang mana bulan agung tersebut adalah bulan ramadhan.

Jadi, ketika kita mulai menjalankan puasa sunnah di bulan sya’ban, itu artinyaa kita sedang melatih diri untuk menjalankan puasa satu bulan penuh di bulan ramadhan ketika bulan tersebut datang.

Hal ini juga diutarakan oleh syeikh Ibnu Rajab Al-Hambali yang mengemukakan bahwa: “sesungguhnya pada puasa sunnah di bulan sya’ban adalah seperti latihan untuk puasa ramadhan, agar seseoarang nantinya tidak kesusahan dan berat dalam menjalankan puasa ramadhan. Bahkan sebaliknya, ia menjadi terbiasa dan ternuansakan dengan puasa”.

Install Takwa App

3.      Diampuninya dosa-dosa

Keutamaan di bulan sya’ban yang juga sering dilalaikan umat muslim yaitu, diampuninya dosa-dosa mereka yang sudah diperbuat sebelumnya. Hal ini pun juga sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya: “sesungguhnya Allah SWT muncul di malam Nisfu Sya’ban, lalu dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali seorang musyrik atau seorang yang bermusuhan dengan saudaranya”. (HR.Ibnu Majah dan dihasankan Al-Albani)

Baca juga: Sabar, Sebuah Jalan dari Kebuntuan

 

4.      Turunnya ayat (Sholawat nabi)

Keutamaan lain pada bulan sya’ban adalah diturunkannya ayat tentang anjuran membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW. Yang dimana ayat tersebut berbunyi:

 إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

“sesungguhnya Allah dan malaikatnya bersholawat kepada nabi, hai orang-orang yang beriman,bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56)

5.      Merupakan bulan Al-Qur’an

Keutamaan bulan sya’ban yang selanjutnya dalah merupakan bulan al qur’an.yang dimana membaca kitab al qur’an sendiri merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk seluruh umat muslim. Akan tetapi ada beberapa waktu yang jugasangatlah baik untuk kita sebagai umat mslim mengamalkannya. Seperti halnya di bulan Ramadhan dan juga bulan sya’ban ini.

Syeikh Ibnu Rajab Al-Hambali meriwayatkan dari Anas, ia berkata: “kaum muslimin pada bulan sya’ban, mereka menekuni pembacaan ayat-ayat al qur’an dan mengeluarkan zakat untuk membantu orang-orang yang lemah dan miskin, agar mereka dapat melakukan ibadah puasa Ramadhan”.

Sahabat beriman yang dirahmati Allah SWT, itulah beberapa keutamaan bulan sya’ban yang bisa kita pelajari, mengingat dalam waktu dekat ini bulan yang diagungkan oleh nabi Muhammad SAW akan segera datang yaitu bulan Ramadhan.

_

 

Penulis:

Yanuar Huda Assa’banna,

Alumni Fakultas Syari’ah di UNIDA GONTOR

 

Editor:

Azman Hamdika Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *