Download aplikasi Takwa di Google Play Store

10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui

10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Kita Ketahui

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang diberi keistemewaan dan wewenang tertentu. Malaikat tidak mempunyai nafsu seperti manusia. Ketika Allah memerintahkan malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam As, malaikat langsung mematuhi perintah Allah tersebut, tapi iblis justru sebaliknya. Bilangan malaikat itu banyak sekali, dan hanya diketahui oleh Allah SWT. Namun terdapat 10 malaikat dan tugasnya yang disebutkan dalam alqur’an dan keterangan para Rasul.

Berikut 10 malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui oleh umat islam. Karena mengimani malaikat juga termasuk dalam rukun iman tepatnya rukun iman yang kedua. Malaikat tersebut adalah:

  1.     Malaikat Jibril

Malaikat jibril bertugas sebagai malaikat yang menyampaikan wahyu dari hadirat Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul. Malaikat Jibril juga dinamakan Ar-Ruuhu-l-Amiin atau Ar-Ruuhu-l-Qudus.

نَزَلَ بِهِ رُوْحُ الْأَمِيْنُ عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُوْنَ مِنَ الْمُنْذَرِيْنَ

“ Dia (Alqur’an) di bawa turun oleh Ar-Ruuhu-l-Amiin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad), agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.” Assyu’araa’: 193-194.

  1.     Malaikat Mikail

Malaikat yang satu ini mempunyai tugas membagikan rizki dari Allah kepada seluruh umat yang ada di seluruh penjuru dunia ini. Rizki sifatnya tidak selalu berupa uang atau materi,tetapi juga bisa berupa kesehatan, keluarga yang sholeh, kedamaian hati dan sebagainya. Dan ini adalah tugas dari malaikat Mikail.

  1.     Malaikat Israfil

Israfil adalah Malaikat yang kelak bertugas meniup sangkakala terompet ketika hari kiamat telah tiba. Hari kiamat itu sendiri merupakan hal yang wajib kita imani. Sesuai dengan rukun iman yang keenam atau rukun iman yang terakhir. Malaikat israfil mempunyai peran yang besar dalam hadirnya hari kiamat.

  1.     Malaikat Izrail

Malaikat Izrail bertugas pada kiamat kecil yaitu pada kematian seseorang. Malaikat Izrail mempunyai tugas untuk mencabut nyawa manusia. Kita harus mempercayai bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati, maka kita harus senantiasa membekali diri karena kematian datangnya tidak tahu pasti, kapan, dan dimana hanya Allah SWT yang tahu.

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ اْلمـَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

“ Katakanlah: Maliakat Maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan kembali.” As-Sajadah: 11

  1.     Malaikat Munkar

Malaikat Munkar bertugas ketika kita berada dalam kubur yaitu menanyakan amal kita selama kita masih hidup di dunia.

Baca Juga: Malaikat Harut Dan Marut, Dua Malaikat Yang Menjadi Manusia

 

  1.     Malaikat Nakir

Begitu juga dengan malaikat Munkar, malaikat Nakir juga mempunyai tugas yang sama berupa menanyakan amal perbuatan kita di dunia.

  1.     Malaikat Raqib

Sebagai manusia tentu kita pernah melakukan perbuatan baik maupun buruk. Terlepas apakah itu sengaja atau tidak sengaja. Salah satu dari nama malaikat yang selalu mencatat amal baik di dunia adalah malaikat Raqib.

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلاَّ لَدَيْهِ رَقِيْبٌ عَتِيْدٌ

“ Tidak ada suatu perkataan yang dikatakan, melainkan mesti ada malaikat yang mengawasi dan meneliti.” Qaaf: 18

  1.     Malaikat Atid

Jika malaikat Raqib mencatat amal baik, maka malaikat Atid juga mempunyai tugas untuk mencatat amal buruk selama di dunia. Malaikat Atid berada di sebelah kiri sedangkan  Raqib berada di sebelah kanan.

  1.     Malaikat Malik

Malaikat Malik mempunyai tugas menjaga sesuatu yang menakutkan bagi kita semua yaitu neraka. Sebagai umat islam tentunya kita ingin mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT ketika kita kembali kepada-Nya nanti. Dan malaikat Malik merupakan malaikat yang menjaga neraka.

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا قُوْا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيْكُمْ نَارًا وَقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةِ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُوْنَ اللهَ مآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

“ hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” At-Tahriim: 6

  1. Malaikat Ridwan

Berkebalikan dengan malaikat Malik, malaikat Ridwan bertugas menjaga surga. Surga adalah impian terbaik bagi seluruh umat manusia.

Itulah 10 malaikat dan tugasnya yang hendaknya kita ketahui, kita pahami, dan kita imani. Demikian dan semoga bermanfaat. Aamiin.

_

Penulis:
Yanuar Huda Assa’banna,
Alumni Fakultas Syari’ah di UNIDA GONTOR

Editor:
Azman Hamdika Syafaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *